Blog informasi seputar dunia pendidikan

Selasa, 24 Mei 2016

Ditjen Pendis Kembali Adakan Perkemahan untuk Madrasah 24-28 Mei 2016

Jakarta (Pendis) - Setelah Perkemahan Rohis dan Perkemahan Wirakarya, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menggelar Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) Tahun 2016. PPMN yang untuk kali keduanya ini secara teknis dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 28 Mei 2016 di Bumi Perkemahan Pantai Liang, Maluku Tengah. Demikian paparan Direktur Pendidikan Madrasah, Nur Kholis Setiawan, saat konferensi pers di lantai 6 Kementerian Agama RI, Senin (23/05/16) siang.

Alasan dipilihnya Maluku sebagai tempat berlangsungnya PPMN ini, lanjut Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini, adalah disebabkan Maluku memiliki kekhasan terutama multikulturalismenya.

"Maluku adalah salah satu contoh bahwa dengan berbagai macam agama yang "hidup" dalam satu daerah, masyarakatnya bisa hidup rukun dan damai. Termasuk juga berbagai macam suku dan ras yang beraneka ragam di sana. Maksud memperlihatkan fenomena akan multikulturalisme kepada peserta perkemahan ini dikarenakan 100% murid madrasah beragama Islam," kata alumni Pesantren Tebuireng Jombang ini.

Untuk tahun ini, ungkap Nur Kholis, akan dihadiri perwakilan dari 33 provinsi se-Indonesia dengan mengirimkan 20 (dua puluh) murid madrasah orang per provinsinya.

"PPMN II 2016 yang diikuti oleh 660 murid Madrasah Tsanawiyah atau golongan Pramuka Penggalang se-Indonesia ini bertujuan ingin menumbuhkan para kader dan paradigma pembangunan yang mumpuni, memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, handal, tangguh dan terpercaya serta sanggup membangun jiwa raga-raganya demi nusa dan bangsa," terang Nur Kholis penuh semangat.

Di samping pemecahan Rekor MURI "Pelepasan Anak Penyu (Tukik) Terbanyak 2500 (dua ribu lima ratus) Ekor serta Penanaman 3000 (tiga ribu) Pohon", kegiatan normatif lain yang akan dilakukan adalah kegiatan keagamaan, kegiatan pendidikan seni budaya serta kegiatan umum lainnya, seperti api unggun dan olahraga.

Sebagaimana publik ketahui, bahwa PPMN II ini merupakan kegiatan tahunan lanjutan dari Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) I (pertama) yang telah dilakukan di Lapangan Tembak Akademi Militer (Akmil) Magelang pada tanggal 11 s.d. 15 Mei 2015 yang lalu.

Sumber : pendis.kemenag.go.id

 
Share:

0 komentar:

Postingan Populer